alfikozawa.com |

Live in My Own World
RSS Feed

Ninja dan Samurai Masa Depan

Tuesday Mar 12, 2013

Pernah kan denger kata ninja, samurai?? Kalo belom pernah sih kebangetan, emang lo tinggal di Planet mana sampe ga tau ninja, samurai? Lah, kok jadi marah marah gitu hehehe… stay cool….

Ninja aku taunya waktu kecil nonton kartun kurakura ninja, ‘si kura kura ninja pakai pedang samurai senjata rahasia.. ninja ninja..’ begitulah kira kira lagunya, ah lagunya ini juga ngaco masa pedang samurai dibilang senjata rahasia padahal jelas jelas keliatan banget pedang ada di punggung ninja, nah kalo racun Polonium 210 yang diambil dari reaktor nuklir nih boleh dibilang senjata rahasia karna ga keliatan dan sangat mematikan, radiasinya aja bikin koma, bisa disimpen di sakunya ninja. Salah yang bikin lagu apa salah yang nerjemahin? Ga taulah. Bodo amat hehe..

Samurai = pedang? Salah. Samurai emang identik dengan pedang tapi samurai bukan pedang kalopun sekarang ada pedang namanya samurai itu mungkin karna pergeseran pemaknaan.
Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata “samurai” berasal dari kata kerja “samorau” asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi “saburau” yang berarti “melayani”, dan akhirnya menjadi “samurai” yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan.
Samurai harus sopan dan terpelajar, dan semasa Keshogunan Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya adalah kakitangan umum bagi daimyo, dengan pedang mereka hanya untuk tujuan istiadat. Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.
Samurai menggunakan beberapa macam jenis senjata, tetapi katana adalah senjata yang identik dengan keberadaan mereka, Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang-kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam pertempuran. Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan bagian dalam kehidupan. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai massa Kamakura (1185–1333), sebelum masa itu pedang Jepang lebih dikenal sebagai tachi dan uchigatana, Dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai massa Edo.
Apabila seorang anak mancapai usia tiga belas tahun, ada upacara yang dikenali sebagai Genpuku. Anak laki-laki yang menjalani genpuku mendapat sebuah wakizashi dan nama dewasa untuk menjadi samurai secara resmi. Ini dapat diartikan dia diberi hak untuk mengenal katana walaupun biasanya diikat dengan benang untuk menghindari katana terhunus dengan tidak sengaja. Pasangan katanadan wakizashi dikenali sebagai Daisho, yang berarti besar dan kecil.

Ngomomg ngomong tentang ninja, ada si kura kura ninja, ninja hattori, ninja assassins, ninja saga (itu sih game online di facebook, orkut dan My Space), ada juga Kawasaki Ninja, hehe yang itu sih sering liat di jalan. Orang yang pake motor ninja pasti dalam hatinya pengen diliat banyak orang, pengen orang orang tau kalo dia punya motor keren (hehe suudzon..). kebalikan banget ma ninja yang sesungguhnya. Ninja atau Shinobi (dalam bahasa Jepang, secara harfiah berarti “Seseorang yang bergerak secara rahasia”) adalah seorang mata – mata zaman feodal di Jepang yang terlatih dalam seni ninjutsu (secara kasarnya “seni pergerakan sunyi”) Jepang. Ninja, sepertisamurai, mematuhi peraturan khas mereka sendiri, yang disebut ninpo. Menurut sebagian pengamat ninjutsu, keahlian seorang ninja bukanlah pembunuhan tetapi penyusupan. Ninja berasal dari bahasa Jepang yang berbunyi nin yang artinya menyusup. Jadi, keahlian khusus seorang ninja adalah menyusup dengan atau tanpa suara.

Ninja juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan kepada seseorang yang menguasai dan mendalami seni bela diri ninjutsu. Nin artinya pertahanan dan jutsu adalah seni atau cara. Kata ninja juga diambil dari kata ninpo. Po artinya adalah falsafah hidup atau dengan kata lain ninpo adalah falsafah tertinggi dari ilmu beladiri ninjutsu yang menjadi dasar kehidupan seorang ninja. Jadi ninja akan selalu waspada dan terintregasi pada prinsip ninpo.

Bela diri ninjutsu
Gerakan beladiri ninjutsu hanya tendangan, lemparan, patahan, dan serangan. Kemudian dilengkapi dengan teknik pertahanan diri seperti bantingan, berputar dan teknik bantu seperti meloloskan diri, mengendap, dan teknik khusus lainnya. Namun, dalam praktiknya ninja menghindari kontak langsung dengan lawannya, oleh karena itu berbagai alat lempar, lontar, tembak, dan penyamaran lebih sering digunakan. Berbeda dengan seni beladiri lain, ninjutsu mengajarkan teknik spionase, sabotase, melumpuhkan lawan, dan menjatuhkan mental lawan. Ilmu tersebut digunakan untuk melindungi keluarga ninja mereka. Apa yang dilakukan ninja memang sulit dimengerti. Pada satu sisi harus bertempur untuk melindungi, di sisi lain ninja harus mengutamakan kecerdikan saat menggunakan jurus untuk menghadapi lawan. Di sisi lain ajaran ninpo memberi petunjuk bahwa salah satu tujuan ninjutsu adalah mengaktifkan indra keenam mereka. paduan intuisi dan kekuatan fisik pada jangka waktu yang lama memungkinkan para ninja untuk mengaktifkan indra keenamnya. Sehingga dapat mengenal orang lain dengan baik dan mengerti berbagai persoalan dalam berbagai disiplin ilmu.
Di dalam ninpo terdapat teknik beladiri tangan kosong (taijutsu), teknik pedang (kenjutsu), teknik bahan peledak dan senjata api (kajutsu), teknik hipnotis (saimonjutsu), dan teknik ilusi(genjutsu). Pada aliran Togakure Ryu dikenal adanya latihan olah energi yang disebut Kuji Kiri. Prinsipnya adalah penggabungan antara kekuatan fisik dan mental. Penyaluran energi yang tepat dari tenaga kuji kiri dapat bersifat menghancurkan, namun di sisi lain jika digunakan untuk olah pikir dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang pelik.

Peralatan ninja
Ninja diharuskan untuk bisa bertahan hidup di tengah alam, karena itu mereka menjadi terlatih secara alamiah untuk mampu membedakan tumbuhan yang bisa dimakan, tumbuhan racun, dan tumbuhan obat. Mereka memiliki metode cerdik untuk mengetahui waktu dan mata angin. Ninja menggunakan bintang sebagai alat navigasi mereka ketika menjalankan misi di malam hari.mereka juga mahir memasang perangkap, memasak hewan, membangun tempat berlindung, menemukan air dan membuat api.

Ninja memakai baju yang menutup tubuh mereka kecuali telapak tangan dan seputar mata. Baju ninja ini disebut shinobi shozoko. shinobi shozoko memiliki 3 warna. Baju warna hitam biasanya dipakai ketika melakukan misi di malam hari dan bisa juga sebagai tanda kematian yang nyata bagi sang target. Warna putih digunakan untuk misi di hari bersalju. Warna hijau sebagai kamuflase agar mereka tidak terlihat dalam lingkungan hutan.
Shinobi shozoko memiliki banyak kantong di dalam dan luarnya. Kantong ini digunakan untuk menyimpan peralatan kecil dan senjata yang mereka butuhkan, seperti racun, shuriken, pisau, bom asap dan lain-lain. Ninja juga membawa kotak P3K kecil tradisional, yang diisi dengan cairan dan minuman. Ninja juga memakai tabi yang mirip sepatu boot. Celah yang memisahkan jempol kaki dengan jari lainnya memudahkan ninja saat memanjat tali atau dinding.
Ninja wanita atau kunoichi yang biasanya bekerja dengan menggunakan kefemininan mereka ketika melakukan pendekatan pada sang target menggunakan manipulasi kejiwaan dan perang batin sebagai senjata mereka. mereka bisa mendekati target dan membunuhnya tanpa jejak. Kunoichi memiliki misi yang berbeda dengan ninja laki-laki. Mereka lebih sering dekat dengan target, sehingga mereka juga lebih sering menggunakan senjata jarak dekat seperti metsubishi, racun, golok, tali, dan tessen. Selain itu senjata-senjata tersebut juga praktis dibawa tanpa kelihatan.
Ninja memiliki senjata dalam berbagai jenis, bentuk, dan ukuran. Senjata yang biasanya dipakai adalah katana (pedang) dan sering diletakkan di punggung.[1] Senjata lempar seperti pisau kecil, atau cakram berbentuk bintang, dikenal sebagai shuriken. Peralatan canggih ninja lainnya adalah sabit berantai yang disebut kusarigama,[2] kaginawa (jangkar bertali) untuk memanjat dinding, ashiaro untuk membuat jejak kaki palsu agar tidak terlacak saat menjalankan misi, metsubushi (cangkang telur yang diisi dengan pasir dan serbuk logam, biasanya juga kotoran tikus) yang berfungsi untuk membutakan lawan.

Intinya menjadi Samurai, jadi seorang ninja tujuannya adalah untuk bertahan hidup, menangkal serangan musuh, membela kebenaran, adaptasi dengan lingkungan yang tak bersahabat, mengatasi segala persoalan hidup. Kalo pada era sekarang skill yang dimiliki ninja mutlak diperlukan, tapi ga lagi pake senjata katana (pedang), shuriken (pisau kecil, cakram berbentuk bintang), kusarigama (sabit berantai), kaginawa (jangkar bertali), ashiaro untuk membuat jejak kaki palsu, dan metsubushi melainkan sudah bermetamorfosis menjadi ‘ILMU’. Allah menciptakan akal bukan buat ngakalin orang, tapi digunakan yang bener, liat aja orang jepang pada pinter pinter, pada menguasai teknologi. Siapa yang menguasai ilmu maka akan menguasai dunia. Gimana Jepang ga kaya? Liat di jalan jalan semua motor rata rata buatan Jepang, ada ga yang make motor made in dewe? Jawabannya ‘kagak ade !!’. Hey,, orang Indonesia pinter pinter loh, jarang ditemuin orang yang ga bisa baca, matematika kita diatas standar Amerika?? Ow ow.. tapi teknologi, gadget, elektronik masih dipegang Japan, US, Europe, Korea, China (jujur aku juga ga make buatan sendiri yang ku pake kebetulan buatan Kanada, Korea dan Hongkong hehe… tapi kalo ada produk sendiri yang handal kenapa ngga?). Ideologi dunia masih dipegang Israel, trus kita bagiannya apa?
Kita memerlukan ilmu yang bermacam macam, kecerdasan majemuk, bukan cuma ilmu Iptek atau IT aja yang keren, ilmu psikologi juga keren, ilmu agama lebih keren lagi.. gimana ga keren? Kalo pandai ilmu agama dan diamalkan kita nantinya bisa begaya gayaan di akhirat pada saat temen temen kita derajatnya di bawah kita hehehe (kalo nyang ini jangan ditiru!!), ilmu humaniora, ilmu mendidik anak, dan masih banyak ilmu ilmu yang lain.

Jurus ninja yang paling kusukai adalah mengendap endap dan melarikan diri alias kabur artinya kalo ketemu masalah pengennya melarikan diri, bukan pengecut loh, tapi kabur untuk mencari ilmu buat mecahin masalah, nyari problem solving, sebagian dengan cara googling, kalo ga ya share dengan orang yang memiliki ilmu tentang masalah yang sedang kita hadapi, atau keluarga. Coba kita kalo punya masalah trus ga tau problem solvingnya bisa bisa harakiri harakanan hahaha…

So, sapa mau jadi Ninja dan Samurai masa depan??

Sumber : id.wikipedia.org

Leave a Reply

Comment